Jumat, 30 Desember 2016

PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN ONLINE 
MENGGUNAKAN SENAYAN 


A. Pengertian 
perpustakaan online adalah perpustakaan khusus dengan koleksi terfokus benda digital yang dapat mencakup teks, materi visual, materi audio, materi video, disimpan sebagai media elektronik format (sebagai lawan mencetak , microform , atau media lainnya), bersama dengan sarana untuk mengorganisir, menyimpan, dan mengambil file dan media yang terkandung dalam koleksi perpustakaan. perpustakaan digital dapat bervariasi sangat dalam ukuran dan ruang lingkup, dan dapat dipertahankan oleh individu, organisasi, atau berafiliasi dengan mendirikan bangunan fisik perpustakaan atau lembaga, atau dengan institusi akademik. The konten digital dapat disimpan secara lokal, atau diakses dari jarak jauh melalui jaringan komputer. Perpustakaan elektronik adalah jenis pencarian informasi sistem.

B. Latar Belakang 
    Agar dapat mengerti isi dalam perpustakaan online ini 

C. maksud dan Tujuan
1. Mebuat Biliografi 
2. Memberikan Status Item (Sistem Koleksi )
3. Membuat Tipe Anggota
4. Membuat Aturan Peminjaman 
5. Membuat Kelompok dan Pengguna Aplikasi
6. Membuat Username Untuk Pemgguna Aplikasi
7. Pengelolaan Biliografi (Memasukkan Koleksi Buku)

D. Alat dan Bahan 
    - Laptop 
    - Server 
    - Internet

E. Waktu yang dibutuhkan 
     Lama waktu yang dibutuhkan untuk memasukkan data untuk satu anggota sekitar  15 menit 

F. Langkah Kerja 
1. Mebuat Biliografi 
    Contoh : Ilmu Pengetahuan, Ilmu Social, Ilmu Tekhnologi  dll
     Masuk ke Master File --> Collection Type --> Add New Group
2. Memberikan Status Item (Sistem Koleksi )
    Masuk ke Master File --> Item Status --> Add Item Status 
   Harus diisi dengan inisial seperti contoh :
   R : Rusak
   SDP : Sedang Dipinjam
   TDP : Tidak Dapat Dipinjam

3. Membuat Tipe Anggota
    Membuat type anggota ini berfungsi sebagai aturan peminjaman setiap   anggota kelompok, Contohnya : Siswa, Guru, Karyawan. Setiap kelompok memiliki aturan yang berbeda.
    Masuk ke Membership --> Member Type --> Add New

 

reserve                         : untuk memesan koleksi yang sedang dipinjam orang lain
reserve limit                 : batas jumlah pemesanan
membership periode    : masa berlaku keanggotaan dalam hitungan hari
reborow limit               : kali perpanjangan
fine each day                : jumlah denda
overdue grace periode : toleransi keterlambatan

4. Membuat Aturan Peminjaman 
    Digunakan untuk memberikan aturan kepada setiap kelompok. Karena setiap kelompok memiliki aturan yang berbeda-beda begitu juga dendanya. 
    Masuk ke Circulation --> Loan Rules --> Add New 

   Jika berhasil maka akan muncul seperti dibawah ini

 5. Membuat Kelompok dan Pengguna Aplikasi
     Ini dapat membuat kelompok dan user bagi setiap anggotanya.
     Masuk ke menu System --> User Group -->Add New

    untuk kelompok pengolah koleksi / katalogisasi  contreng read write pada bibliografi, master file, stake take, reporting, serial control dan read pada circulation, membership. Sedangkan untuk sirkulasi / inventarisasi contreng read write pada circulation, membership, reporting, stoke take dan read pada bibliografi, master file, serial control.

   Jika sudah,Kemudian save maka akan muncul seperti ini

6. Membuat Username Untuk Pemgguna Aplikasi
    Memberikan username bagi yang menggunakan aplikasi ini.
    Masuk ke menu system --> system User --> Add New

   Kemudian save

7. Pengelolaan Biliografi (Memasukkan Koleksi Buku)
    Masuk ke Menu Biliography --> Add New Biliography
  • Title (judul buku)
  • Edition (jika terdapat informasi edisi maka kita isikan edisinya)
  • Author (nama pengarang)
  • GMD (jenis dokumen)
  • Frekuency (terbit berkala/tidak)
  • ISBN (nomor ISBN)
  • Publisher (penerbit)
  • Publisher year (tahun terbit)
  • Publisher place (kota terbit)
  • Collation (deskripsi jumlah halaman, tinggi buku)
  • Series title (judul seri seperti Pengetahuan Alam, Anak Sholeh)
  • Call Number (nomor klasifikasi)
  • Language (bahasa dokumen)
  • Abstrak / notes (catatan informasi / gambaran umum koleksi buku)
  • Image (cover)
  • File attachment (semisal ada file mp3,mp4)
  • Promote (akan ditampilkan pada OPAC atau tidak)  
G. Kesimpulan
     Pada saat memaasukkan data harus benar tidak boleh ada yang salah karena salah satu data ersebut salah maka nanti akan menjadi valid

H. Referensi
     - http://ratihfadhilah.blogspot.co.id/2016/10/pengelolaan-perpustakaan-online-dengan.html
     -  https://translate.google.com/translate?sl=en&tl=id&js=y&prev=_t&hl=id&ie=UTF-8&u=https%3A%2F%2Fen.wikipedia.org%2Fwiki%2FDigital_library&edit-text=&act=url

Tidak ada komentar:

Posting Komentar